Prodi Hukum Selenggarakan Lokakarya 2023 Berbasis OBE Guna Mencetak Lulusan Berstandar Internasional

Pada, Jum’at 24 Maret 2023, Prodi Hukum FBHIS UMSIDA menyelenggarakan Lokakarya Kurikulum Berbasis OBE (Outcome Based Education) yang diselenggarakan secara online by zoom. Pada Lokakarya kurikulum ini yang menjadi narasumber pada kegiatan tersebut adalah Prof. Dr. Marsudi Triadmojo, SH.,L.LM, (Guru Besar Universitas Gajah Mada Yogyakarta). Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan alumni yaitu Narwoko, SH dan juga Andika Saputra, SH, Pengguna Alumni yaitu Kepala Bagian HRD&GA, Ayu Kurnia Sari dari PT. Golden Step Indonesia dan juga Notaris & PPAT Veronika Damaiyanti, SH., M.Kn dan tidak lupa pula Bapak Ibu Pimpinan Direktorat dan Kepala Unit di UMSIDA serta Bapak/ Ibu Dosen Prodi Hukum FBHIS UMSIDA. Tujuan dilakukan kurikulum ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di Prodi Hukum FBHIS UMSIDA yang dibuktikan dengan lulusan-lulusan yang mampu bersaing di ranah nasional dan internasional.

Kegiatan lokakarya Prodi Hukum 2023 berbasis OBE ini dilaksanakan dalam beberapa sesi yaitu, sesi pembukaan, sambutan-sambutan, pemaparan materi, sesi diskusi dan terakhir sesi penutup. Dalam sesi sambutan Karodi Hukum Noor Fatimah Mediawati, SH.,MH menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para pihak yang telah meluangkan waktunya dalam kegiatan loakarya ini, dan semoga kegiatan ini berjalan lancar dari awal hingga akhir dan memberikan manfaat. Dekan FBHIS Poppy Febriana S.Sos, M.Med.Kom. menambahkan bahwasanya kegiatan ini adalah serangkaian kegiatan yang diikuti oleh bapak/ ibu kaprodi yang ada di UMSIDA dalam penyusunan Kurikulum berbasis OBE. wAKIL Rektor 1 Dr. Hana Catur Wahyuni, ST.,MT dalam sesi sambutan sekaligus membuka acara menyampaikan bahwasanya dalam kegiatan lokakarya ini, masukan-masukan dari narasumber, penguna dan alumni sangat diharapkan guna menyempurnakan kurikulum di prodi hukum FBHIS UMSIDA sesuai dengan starndar kurikulum yang ada di prodi hukum di Indonesia dan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

Pada sesi lokakarya kurikulum, narasumber Prof. Marudi menyampaikan bahwasanya kurikulum berbasis OBE lebih mengedepankan bahwa lulusan-lulusan yang dihasilkan harus mampu untuk mengimplementasikan ilmu yang diperoleh di bangku perkuliahan terhadap persoalan nyata yang terjadi di masyarakat, serta mampu berkontribusi dalam masyarakat untuk memberikan sumbangsih keilmuan guna memberikan kontribusi kepada negara. Hal tersebut dapat tercapai dengan cara adanya adanya langkah-langkah yang berkesinanmbungan mulai dari Revisi CPL yang terukur, desain kurikulum sesuai CPL, Kurikulum yang terstruktur implementasi pembelajaran, Assasmen MK dan Program, Banchmarking hingga tindak lanjut dan peningkatan mutu. Lebih lanjut Prof. Marsudi menambahkan bahwasanya untuk lulusan S1 Hukum, sarjana hukum harus mampu untuk menganalisa permasalahan hukum yang ada di masyarakat serta memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut, bekerja baik sendiri maupun kelompok, beracara di persidangan baik di ranah nasional maupun internasional , serta tetap menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan berdasarkan agama, moral dan etika.

Pengguna Alumni Notaris & PPAT Veronika Damaiyanti, M.Kn menambahkan terkait dengan lulusan alumni yang harus ditingkatkan adalah kepercayaan diri alumni dalam menjalankan tugas atau tanggung jawab yang diberikan dalam melaksanakannya, kemudian Ibu Ayu selaku pengguna alumni dari PT Golden Step Indonesia juga menambahkan terkait dengan perlu ditingkatkannya karakter mental lulusan dalam menghadapi dunia kerja, khususnya bidang industri. Alumni Andika saputra menyampaikan untuk peningkatan kualitas lulusan perlunya untuk lebih sering menghadirkan para praktisi dari berbagai bidang usaha yang korelasi dengan bidang hukum guna menambah soft skill lulusan.

Kegiatan Lokakarya kurikulum prodi hukum dilaksanakan dari pukul 08.30 wib hingga 11.30 wib dan berjalan dengan lancar.

Bertita Terkini

Mahasiswa Prodi Hukum UMSIDA ini buktikan diri lolos Sebagai Finalis Ajang Kompetisi Bergengsi IRIFair 2024
July 7, 2024By
Asisten Laboratorium Hukum Umsida mengadakan Pelatihan Kemahiran Hukum 3
June 28, 2024By
Hobi Meneliti, Muhammad Asrul Maulana Menjadi Lulusan Terbaik 1 Prodi Hukum Umsida
June 23, 2024By
Pelatihan Kemahiran Hukum 2 Beri Tips Kiat-Kiat dalam Advokasi Publik
June 17, 2024By
Hima Prodi Hukum Mengadakan Lomba Debat Tingkat SMA/SMK/MA Sederajat 
May 28, 2024By
Prodi Hukum Umsida Dorong Mahasiswa Update Softskill Lewat Pelatihan ini
April 2, 2024By
Mahasiswa Hukum Sabet Juara 1 Lomba Debat Semarak 60th IMM
March 15, 2024By
Mahasiswa Hukum Sukses Bantu Pengurusan Sertifikasi Halal UMKM
February 5, 2024By

Prestasi

Mahasiswa Hukum Sabet Juara 1 Lomba Debat Semarak 60th IMM
March 15, 2024By
Mahasiswa Hukum UMSIDA Ikut PMM-DN 2024
January 30, 2024By
Mahasiswa Hukum Borong Prestasi Lomba Video Sido Resik 2023 & Lomba Duta Pepelingasih 2023
December 27, 2023By
Mahasiswa Hukum Peroleh Karya Tulis Ilmiah Nasional Terbaik Dalam Ajang Call For Paper Formosa Publisher 2023
December 1, 2023By
Mahasiswa Hukum Juara 2 KTI ICAEC 2023
November 1, 2023By
Sembilan Mahasiswa Prodi Hukum UMSIDA Lolos MBKM ISS PKKM KEMENDIKBUDRISTEKDIKTI
October 31, 2023By
Dua Mahasiswa Hukum FBHIS UMSIDA Lolos Jurnal Terindeks Scopus!! Gak Bahayaa Taa?
October 30, 2023By
Mahasiswa Hukum Juara 2 Nasional Kategori Artikel Festival Literasi Pendidikan Nasional
October 15, 2023By