LOMBA DEBAT MAHASISWA/I TINGKAT NASIONAL #3

hukum.umsida.ac.id – Himpunan Mahasiswa (HIMA) Prodi Hukum Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) mengadakan kegiatan lomba debat mahasiswa/i tingkat nasional dengan mengusung tema yang sama pada lomba debat siswa kemarin yakni, Eksistensi Hak Menguasai Negara Yang Berkeadilan. Diselenggarakan di Mini Teater, Kampus 1 UMSIDA, pada Jumat (31/05/2024).

 

Peserta lomba dihadiri oleh 4 tim. Diantaranya, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dengan 3 tim, dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dengan 1 tim serta para partisipan lomba debat.

 

Selain itu, lomba debat ini juga di nilai oleh 3 juri yang ahli di bidangnya,

Emy Rosnawati, S.H., M.H

Alfian Pramadhika Putra, S.H

dan M. Nailul Amani, S.H

 

Pembukaan oleh Dekan FBHIS Ibu Poppy Febriana, M.Med.Kom,.

Kegiatan lomba debat mahasiswa/i tingkat nasional tersebut di buka oleh Ibu Poppy Febriana, M.Med.Kom,. selaku Dekan Fakultas Bisnis Hukum dan Ilmu Sosial (FBHIS), di sambut oleh Dr. Lidya Shery Muis, S.H., M.H., M.Kn selaku Kaprodi Hukum, serta Muhammad Athoillah selaku Ketua Himpunan Prodi Hukum. Dalam pembukaannya, Ibu Poppy selaku Dekan FBHIS mengapresiasi adanya kegiatan lomba debat nasional ini, “kegiatan ini merupakan gawe besar yang di dukung oleh fakultas dan sukses dalam pelaksanaannya” begitu ucapnya.

 

Lomba debat berjalan dengan lancar, para peserta dan partisipan bersemangat untuk kompetisi ini namun tetap mematuhi peraturan sesuai dengan juknis yang telah di tentukan.

Hasil akhir dari lomba debat ini yaitu,

Juara 1 dan 3 serta Best Speaker di raih oleh Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan

Juara 2 di raih oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

 

Wawancara Ketupel dan Pemenang Lomba

Tak hanya itu, Zidane Heri Saputra selaku Ketua Pelaksana Lomba Debat Mahasiswa/i Tingkat Nasional ini juga me-wawancarai salah satu pemenang lomba, “saya sangat senang karena ini merupakan pembukaan gelar pertama saya sebagai pemenang, Hima Prodi Hukum UMSIDA merupakan Perguruan Tinggi Muhammadiyah pertama yang mengadakan lomba debat mahasiswa tingkat nasional, lomba berjalan dengan lancar dan mungkin untuk kegiatan lomba debat selanjutnya bisa lebih meriah lagi” begitu ujar M. Rozan Dwi Putra ketika di minta keterangannya dalam lomba debat kali ini.

 

Ketua Himpunan Mahasiswa Prodi Hukum juga memberikan tanggapan terkait persiapan adanya lomba debat nasional kali ini,

“persiapan untuk lomba debat nasional kali ini cukup lama karena salah satu event besar yang di adakan oleh Hima Prodi Hukum jadi harus sematang mungkin dari aspek apapun. Persiapan acara ini dimulai pada bulan Desember 2023, dengan menyusun struktural kepanitiaan, pembagian tugas panitia sampai pada hari lomba debat siswa/i dan lomba debat mahasiswa/i terlaksana.Jika di presentasikan sudah 93% jauh lebih baik dari pada lomba debat nasional tahun sebelumnya.”

Atho yang lebih akrab di sapanya juga mengucapkan terima kasih banyak untuk para peserta lomba dan panitia lomba debat.

“Saya ucapkan terima kasih banyak untuk para peserta, pendamping, dan partisipan lomba debat atas kesediaannya mengikuti lomba debat nasional yang Hima kami adakan. Karena saya dan rekan-rekan panitia paham betul pasti banyak sekali energi yang di keluarkan, entah energi untuk berpikir, membuat argumentasi-argumentasi hukum, serta hadirnya para tim di kampus kami. Untuk panitia, saya juga ucapkan terima kasih banyak atas dedikasinya menyiapkan lomba debat ini, saya berharap lomba debat nasional ini tetap terlaksana setiap tahunnya.” begitu ujarnya.

 

Selamat dan terima kasih banyak untuk semua pihak yang ada dan terlibat dalam Lomba Debat Mahasiswa/i Tingkat Nasional ke 3. Semoga dengan di adakannya lomba debat ini dapat meningkatkan kualitas mahasiswa/i Hukum dan memberikan manfaat banyak, sampai jumpa!

 

Anindyatami Wanda P.