Prodi Hukum Selenggarakan Penguatan Hukum Acara Pidana

hukum.umsida.ac.id – Adanya program alumni mengabdi, program studi (prodi) Hukum Fakultas Bisnis Hukum dan Ilmu Sosial (FBHIS) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) selenggarakan penguatan hukum acara dengan tema Peningkatan Kapasitas Soft Skill Mahasiswa Sebagai Calon Penegak Hukum, Sabtu (29/1).

Kegiatan tersebut dilakukan dua sesi pertama yakni membahas praktik hukum acara pidana yang disampaikan oleh A Bagus Aditia SH, dan sesi kedua membahas praktik hukum acara perdata yang disampaikan oleh Ridha Laily A SH ,Sabtu (5/2).

Pada sambutannya ketua prodi (kaprodi) hukum Noor Fatimah Mediawati SH MH menjelaskan kegiatan penguatan hukum acara adalah sebagai bentuk pengembangan atas semester sebelumnya yakni hukum acara pidana dan hukum acara perdata yang dilakukan oleh semester 3, namun pada acara kali ini dilakukan oleh semester 5 yang sudah menempuh mata kuliah tersebut. “Tujuan kami adalah untuk penguatan keilmuan kepada mahasiswa yang akan menempuh mata kuliah hukum peradilan semu yang akan datang,” ujarnya.

Noor Fatimah juga menghimabu kepada peserta untuk fokus dan memahami apa yang disampaikan pemateri agar, ilmu yang dipelajari satu semester yang lalu bisa dikupas tuntas didalam forum tersebut.

Pada saat penyampaian materi Bagus Aditia menjelaskan tentang hukum acara pidana dan kegiatan ditutup dengan Forum Group Diskusi (FGD) membuat surat pihak jaksa yaitu surat kuasa pelaporan, dakwaan, tuntutan, sedangkan untuk PH taitu surat kuasa, eksepsi, dan pledoi.

Yang terakhir ia berharap semoga mahasiswa prodi hukum Umsida bisa menjadi orang hukum yang baik dan memiliki wawasan keilmuan yang tinggi. “Matakuliah yang akan datang nanti diharapkan bisa beracara dengan baik dari perdata dan pidana,” pungkasnya.

Ditulis : Muhammad Asrul Maulana

Related Posts

Magang Prodi Hukum FBHIS UMSIDA 2023-2024

Alhamdulillah, Kegiatan magang mahasiswa Prodi Hukum TA 2023-2024 telah selesai...

Mahasiswa Hukum UMSIDA Ikut PMM-DN 2024

Alhamdulillah 2 Mahasiswa Prodi Hukum FBHIS UMSIDATelah lolos dalam Program...

Mahasiswa Kupu-Kupu Berprestasi! Gak Bahaya Ta?

Pada Rabu, 17 Januari 2024 Ass. lab Prodi Hukum menyelenggarakankegiatan...

Leave a Reply