Supriyadi Sampaikan Ukhuwah Islamiyah Untuk Peserta LKMM-TD Prodi Hukum

hukum.umsida.ac.id – Segala sesuatu harus didasari dengan iman yang kuat dan niat yang tulus, untuk meneguhkan ukhuwah islamiyah yang berjiwa aktif, solutif, dan inovatif. Hal ini dijelaskan oleh Dr Supriyadi M.Pdi dalam acara Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMMTD) dengan mengusung tema Mengembangkan Potensi Mahasiswa Guna Menciptakan Generasi Pemimpin Berjiwa Aktif, Solutif, dan Inovatif.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Progam studi (Prodi) Hukum Fakultas Bisnis Hukum Dan Ilmu Sosial (FBHIS) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), melalui virtual meeting, pada Minggu (27/6).

Ukhuwah islamiyah harus bisa menjadi penegah. “Sebagai umat muslim harus mempunya rasa ukhuwah yang baik dan memiliki rasa toleransi yang tinggi, dalam lingkup terkecilnya adalah pertemanan, persaudaraan karena manusia merupakan mahkluk sosial. Maka dari itu jika terdapat suatu problem tentunya antar mahasiswa peran ukhuwah ini adalah mendamaikan seperti yang dijelaskan dalam QS al hujarat ayat 10,” Ujarnya.

Ukhuwah islamiyah terdapat nilai-nilai. “Pertama ta’aruf saling kenal mengenal antar teman, pasangan, dan lainya, tafahum saling memahami kelemahan dan kelebihan antar teman jadi tidak boleh kita mengejek kelamahan seseoarang dan sombong terhadap kelebihannya, ta’awum saling tolong menolongan antar sesama, dan yang terakhir takaful saling memberi jaminan. Nilai-nilai tersebut harus diterapkan oleh mahasiswa, “ tutur Dosen AIK itu.

Adapun meneguhkan Ukhuwah Islamiyah. “Harus siap menerima dan melaksanakan ishlah, menghindari kata-kata dan sikap hinaan, menghindari su,udzan atau berperasangka buruk, menghindari ghibah dan mencari-cari kesalahan. Jika kita menghindari perbuatan tercela tersebut maka suatu masalah yang akan timbul bisa kita selesaikan dengan kepala dingin, “ Pungkasnya.

Ditulis : Muhammad Asrul Maulana

Related Posts

Magang Prodi Hukum FBHIS UMSIDA 2023-2024

Alhamdulillah, Kegiatan magang mahasiswa Prodi Hukum TA 2023-2024 telah selesai...

Mahasiswa Hukum UMSIDA Ikut PMM-DN 2024

Alhamdulillah 2 Mahasiswa Prodi Hukum FBHIS UMSIDATelah lolos dalam Program...

Mahasiswa Kupu-Kupu Berprestasi! Gak Bahaya Ta?

Pada Rabu, 17 Januari 2024 Ass. lab Prodi Hukum menyelenggarakankegiatan...

Leave a Reply