Renstra Fakultas

RENCANA STRATEGIS (RENSTRA) PRODI HUKUM

PERIODE TA 2015/2016 – 2019/2020

 

  1. RENSTRA BIDANG TATA KELOLA INSTITUSI
No Rencana Strategis Tujuan Sasaran Bentuk kegiatan Indikator keberhasilan  
 
1 Penguatan Sistem Informasi Manajemen/SIM Mengoptimalkan SIM untuk keperluan akademik, keuangan dan kemahasiswaan SIM yang terintegrasi

1.Mengikuti pelatihan SIM di tingkat Universitas

2.Menyediakan tenaga pengelola PAKJAFA tingkat Fakultas

SIM dapat diakses dengan cepat dan bisa membantu memudahkan pelayanan kepada stake holder  
2 Peningkatan inventarisasi Dokumen Fakultas Meningkatkan inventarisasi dokumen, baik manual maupun digital Ketersediaan dokumen yang lengkap dan akurat Menginventarisasikan dokumen akademik, keuangan,kemahasiswaan, dan kerjasama Kelengkapan dan keakuratan dokumen yang tersedia di Fakultas  
3 Pembentukan Ikatan Alumni FH dan Tracer Studi Meningkatkan peran alumni untuk kemajuan institusi Pengorganisasian alumni

1. Penyediaan dokumen calon alumni

2. Pembentukan Ikatan Alumni FH

3. Tracer study

Terbentuknya Ikatan Alumni FH dan ketersediaan dokumenuntuk mendukung tracer study  
  1. RENSTRA BIDANG PENDIDIKAN, KEMUHAMMADIYAHAN, DAN KEMAHASISWAAN
No Rencana Strategis Tujuan Sasaran Bentuk kegiatan Indikator keberhasilan  
 
1 Pengembangan kurikulum Mengembangkan kurikulum berbasis Standar Nasional Pendidikan/SNP dan KKNI Kurikulum Prodi

1. Workshop/Pelatihan penyusunan RPS,

2. Pembuatan buku ajar oleh setiap dosen tetap

1. Ketersediaan RPS oleh setiap dosen pengampu

2. Ketersediaan buku ajar oleh setiap dosen tetap

 

 
2 Meningkatkan kualitas PBM Meningkatkan kuantitas dan kualitas kehadiran serta evaluasi dosen dan mahasiswa dalam PBM. Meningkatnya keaktifan dosen dan mahasiswa dalam proses belajar mengajar mencapai minimal 90% Melaksanakan monitoring tingkat keaktifan dosen dan mahasiswa system IT yang tervalidasi

Tingkat keaktifan dosen dan mahasiswa dalam kegatan belajar mengajar mencapai 90%

 

 
    Meningkatkan kinerja dosen dalam PBM Berlakunya evaluasi kinerja dosen dalam Proses Belajar Mengajar

1. Evaluasi Kinerja dosen dilakukan secara periodik

2. Mendokumentasikan hasil evaluasi dan menyampaikannya hasilnya kpd dosen secara online.

3. Melakukan perbaikan berdasarkan hasil evaluasi kinerja dosen

Peningkatan Kinerja dosen

 

 
    Meningkatkan IPK rata-rata Mahasiswa Meningkatnya IPK rata-rata 3,4

Meningkatkan peran dosen wali

 

Mahasiswa lulus dengan IPK rata-rata 3,4  
    Meningkatkan akademik atmosfer Meningkatnya kuantitas dan kualitas kegiatan ilmiah yang diselenggarakan oleh Fakultas/Prodi

Menyelenggarakan kegiatan ilmiah, seperti kuliah umum, seminar , workshop, dialog publik, dll, baik lokal, regional, nasional maupun internasional

 

Terselenggaranya kegiatan ilmiah  
3 Peningkatan Mutu Akademik Mengoptimalkan program penjaminan mutu

1. Semua proses akademik sesuai dengan standar penjaminan mutu

2. Mengimplentasikan sistem penjaminan mutu internal PT

Penyusunan , sosialisasi dan implementasi standar mutu akademik online

 

1. mempunyai standar mutu akademik, dengan adanya penambahan kompetensi lulusan (SKPI)

2. Terdokumentasinya hasil pelaksanaan penjaminan mutu di masing-masing prodi secara online.

3. Pendampingan dalam implementasi penjaminan mutu akademik.

 
4 Penguatan nilai2 AIK Menguatkan nilai2 AIK bagi dosen, karyawan, mahasiswa Sasarannya : Dosen, Karyawan, Mahasiswa Keterlibatan dalam pengajian, pelatihan, menerjemahkan AIK melalui kukrikulum, serta meningkatkan intensitas interaksi dalam berbagai kegiatan keislaman dan kemuhammadiyahan Dosen, karyawan, mahasiswa dpt membaca Al-Qur’an dengan baik dan mengaplikasikan PHI dan MKCH Muhammadiyah  
5 Peningkatan Kegiatan Kemahasiswaan Meningkatkan keterlibatan aktif mahasiswa dalam forum2/ kegiatan ilmiah dan non ilmiah

Mahasiswa dapat menjalin kerjasama antar forum kemahasiswaan, maupun dengan instansi lain

 

Mahasiswa dapat mengoptimalkan potensi dirinya sebagai calon Sarjana Hukum yang jujur dan profesional

Pelibatan mahasiswa dalam forum2 ilmiah dan kerjasama

 

 

Peningkatan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan2/ forum ilmiah dan non ilmiah dari tahun ke tahun, yang mendorong pencapaian prestasi mereka  

III. RENSTRA BIDANG SARANA DAN PRASARANA

No Rencana Strategis Tujuan Sasaran Bentuk kegiatan Indikator keberhasilan  
 
1 Penambahan ruangan untuk proses belajar mengajar dan praktikum kontrak bisnis Memenuhi kebutuhan lokal kegiatan perkuliahan dan praktikum Ketersediaan penambahan ruangan kelas dan praktikum Analisis kebutuhan penambahan ruang kelas dan praktikum Terpenuhinya kapasistas lokal untuk perkuliahan dan praktikum  
2 Penambahan media pembelajaran Meningkatkan kualitas pembelajaran Ketersediaan media pembelajaran yang baik di setiap penambahan ruang kelas Analisis kebutuhan penambahan media pembelajaran Adanya media pembelajaran di setiap penambahan ruang kelas  
3 Penambahan lemari Menambah lemari buku di Fakultas dan lemari untuk ruang praktikum kontrak bisnis Mengakomodasi ketersediaan lemari untuk menampung buku2 Fakultas (Perpustakaan Mini) Pengadaan lemari Tersedianya 2 lemari, untuk buku2 dan untuk ruang praktikum kontrak bisnis  
4 Ruang dan sarpras BKBH Mengadakan ruangan dan sarpras khusus untuk BKBH Ketersediaan ruang dan sarpras BKBH Analisis kebutuhan ruangan dan sarpras BKBH Adanya ruang yang representatif bagi BKBH  

IV. RENSTRA BIDANG SDM

No Rencana Strategis Tujuan Sasaran Bentuk kegiatan Indikator keberhasilan  
 
A

Peningkatan kualitas SDM

 

1) Sistem Rekruitmen pendidik dan tenaga kependidikan yang berbasis Merit System

(Transparansi dan kompetensi)

 

 

 

 

 

Untuk meningkatkan kualitas penerimaan SDM

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rekruitmen SDM berdasarkan kebutuhan ( jumlah dan kualifikasi SDM) unit kerja

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Memetakan kualifikasi tenaga kependidikan yang ada (jumlah, kompetensi dan kualifikasi SDM) di Fakultas Hukum secara periodic.

 

 

 

 

 

Terpenuhinya kebutuhan jumlah tenaga kependidikan berdasarkan kualifikasi yang dibutuhkan Fakultas Hukum

 

 

 

 

 

 

 

 

 
        Membuat daftar kebutuhan dosen tetap berdasarkan kualifikasi keilmuan hukumya dan kebutuhan rasional jumlah mahasiswa sesuai ketentuan PDPT DIKTI

Terjaganya kualitas pembelajaran disamping juga terpenuhinya rasio dosen tetap FH dengan jumlah mahasiswa FH sesuai standar BANPT.

 

 
       

Bersama Universitas melakukan Evaluasi SOP tentang Rekruitmen SDM.

 

Rekruitmen SDM sesuai dengan kebutuhan (jumlah dan kualifikasi SDM) masing-masing unit kerja  
  2) Penempatan SDM

Untuk memosisikan SDM sesuai dengan kompetensinya

 

Penempatan SDM sesuai antara kompetensi dan Job Description

 

Menyusun data base tentang kompetensi masing-masing Dosen dan tenaga kependidikan

 

Tersusunnya data base tentang kompetensi setiap dosen dan karyawan serta, Job des setiap jabatan

 

 
       

Merekap job desc masing-masing jabatan

 

Tersusunnya SOP penempatan kerja  
 

3) Pembinaan dan Pengembangan SDM

 

Untuk meningkatkan kompetensi SDM

 

1. Peningkatan kompetensi SDM sesuai kebutuhan dan hasil evaluasi kinerja

 

Menyusun kebutuhan pendidikan dan pelatihan bagi tenaga pendidk dan kependidikan berdasarkan kebutuhan pada unit kerja.

Adanya program pelatihan untuk tenaga pendidik dan kependidikan berdasarkan analisis kebutuhan Prodi Ilmu Hukum

 

 
        Menyusun kebutuhan studi lanjut bergelar dan non gelar di lingkungan FH.

Ketepatan respon atas tawaran program studi lanjut bagi dosen dan karyawan di lingkungan FH yang diajukan oleh institusi.

 

 
        Mengajukan PAKJAFA ke Kopertis 7 berdasarkan data dosen yang sudah saatnya jabatan akademik dari masing-masing prodi secara periodik

Terpenuhinya rasio dosen tetap berdasarkan kepangkatan akademikhya

 

 
 

4) Penguatan Spiritualitas dan Budaya Institusi

 

Untuk memperkuat pemahaman AIK karyawan

Penguatan pemahaman AIK karyawan secara berkelanjutan

 

Mewajibkan setiap dosen mengikuti kajian AIK dan memasukkan konsepsi Islam sebagai salah satu mata analisis MK yang diampu.

 

Dosen rutin mengikuti kajian AIK kampus, dan masuknya perspektif ajaran islam dalam MK yang diampu dosen FH.

 

 
   

Untuk memperkuat budaya Institusi pada karyawan

 

Sosialisasi dan implementasi budaya pada seluruh aktivitas institusi

Melaksanakan koordinasi rutin di tingkat Fakultas dan Prodi

 

Terlaksananya rapat bulanan Fakultas yang menghadirkan seluruh stake holder FH

 

 

V. BIDANG PENELITIAN DAN ABDIMAS

No Rencana Strategis Tujuan Sasaran Bentuk kegiatan Indikator keberhasilan  
 
1 Penelitian (Dosen) Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dosen sesuai dengan tema penelitian unggulan perguruan tinggi Terwujudnya penelitian dosen sesui dengan tema penelitian unggulan perguruan tinggi Penyusunan revisi roadmap sesuai dengan kompetensi masing-masing prodi yang disesuaikan dengan tema penelitian unggulan perguruan tinggi

a) Adanya revisi roadmap sesuai dengan kompetensi masing-masing prodi yang disesuaikan dengan tema penelitian unggulan perguruan tinggi

b) Meningkatnya jumlah penelitian skim PUPT yang didanai oleh Dikti dan pendanaan lainnya.

c) Dana PUPT terserap

 
Menyusun revisi roadmap sesuai dengan tema penelitian unggulan perguruan tinggi Terwujudnya roadmap sesuai dengan tema penelitian unggulan perguruan tinggi

a) Workshop penyusunan revisi roadmap sesuai dengan tema penelitian unggulan perguruan tinggi

b) Sosialisasi roadmap di masing-masing prodi

Adanya revisi dan sosialisasi roadmap penelitian untuk dosen  
Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian internal Meningkatnya jumlah proposal penelitian internal bagi dosen tetap yang belum memiliki NIDN dan kepangkatan Sosialisasi dan penerimaan proposal penelitian internal

a) dosen tetap yang ada mengajukan proposal

b) Didanainya penelitian internal dari jumlah proposal yang diajukan

 
    Terbentuknya Grup penelitian di masing-masing fakultas dan prodi Terbentuknya Grup penelitian di masing-masing fakultas dan prodi

a) Adanya kegiatan grup penelitian di masing-masing fakultas dan prodi setiap bulan sekali

b) Adanya peer review proposal antar tim di masing-masing grup penelitian

a) Adanya grup penelitian di fakultas hukum

b) Adanya peningkatan jumlah penelitian di beberapa skim yang dihasilkan oleh dosen FH

 

 
  Publikasi hasil penelitian Meningkatnya publikasi hasil penelitian ter index scopus

a. Meningkatnya publikasi hasil penelitian dosen di jurnal terakreditasi hasil penelitian dosen.

b. Meningkatnya jumlah publikasi hasil penelitian dosen terindeks scopus

a. Adanya workshop dan klinik artikel ilmiah yang terindeks scopus.

b. Pelatihan pengelolaan jurnal Terakreditasi.

c. Pengelolaan Jurnal Ilmu Hukum berstandard Nasional Terakreditas.

a. Adanya publikasi hasil penelitian dosen di jurnal nasional terakreditasi.

b. Pengelolaan Jurnal Hukum Rechtsidee sesuai standard nasional terakreditasi.

c. Adanya publikasi hasil penelitian terindeks scopus.

 
  Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) 1. Menyusun roadmap sesuai dengan tema abdimas unggulan perguruan tinggi Terwujudnya roadmap sesuai dengan tema abdimas unggulan perguruan tinggi a).Penyusunan roadmap Abdimas FH yang sesuai dengan tema abdimas unggulan perguruan tinggi Adanya roadmap Abdimas FH dan sosialisasi roadmap abdimas untuk dosen FH yang sesuai dengan LO FH.  
    b). Sosialisasi roadmap kepada dosen-dosen FH  
    2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas abdimas dosen sesuai dengan tema abdimas unggulan perguruan tinggi Terwujudnya abdimas dosen sesui dengan tema abdimas unggulan perguruan tinggi 1. Sosialisasipembuatan dan review proposal abdimas di tingkat FH 1. Proposal dan kegiatan Abdimas dosen FH sesuai dengan roadmap FH dan selaras dengan tema abdimas unggulan perguruan tinggi  
    3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas abdimas internal Meningkatnya jumlah proposal abdimas internal bagi dosen tetap pemula dan belum berpengalaman Sosialisasi dan Pengiriman proposal abdimas internal

1. Ada pengajuan proposal Abdimas dari Dosen FH

2. Adanya pendanaan internal bagi proposal yang diajukan

 
    4. Pembentukan dan Pengembangan LKBH

1. Tersedianya sarana pengabdian masyarakat yang berkesesuaian dengan bidang keilmuan Hukum.

2. Penguatan peran fakultas hukum sebagai problem solver.

3. Memberi pengalaman mahasiswa FH dalam kerja advokasi.

1. Pembentukan LKBH

2. Pembangunan program magang advokasi.

1. Terbentuknya LKBH Umsida.

2. berjalannya program advokasi oleh LKBH Umsida.

3. Terlaksananya program magang advokasi bagi mahasiswa.

 
    5. Pengembangan PUSKOHAM FH Umsida.

1. Peningkatan peran PUSKOHAM;

2. Penguatan wacana HAM Indonesia bagi mahasiswa Umsida khususnya dan masyarakat pada umumnya.

1. Penataan, pengembangan dan pelaksanaan program Puskoham;

2. Pengembangan Kerjasama Puskoham dengan pusat kajian Konstitusi dan HAM di Indonesia.

3. Pembangunan kerjasama dengan MK dan KY.

1. Adanya tata managemen yang berjalan sesuai tupoksi.

2. Adanya Program kerja PUSKOHAM yang tersusun sesuai dengan analisis SWOT dan mempertimbangkan aspek kebutuhan masyarakat.

3. Terlaksananya Program Puskoham sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat.

4.bertambahnya Pusat studi yang berkerjasama dengan PUSKOHAM FH Umsida.

5. Adanya MoU dan pelaksanaan kegiatan sebagai bentuk kerjasama dengan MK dan KY.

 
11 Publikasi Meningkatkan kualitas dan kuantitas karya ilmiah yang dihasilkan oleh dosen Meningkatkan jumlah buku teks yang dihasilkan oleh dosen

1. Pelatihan penulisan buku teks

2. Pemanfaatan hasil penelitian sebagai bahan penyusunan buku teks

Jumlah buku teks yang dihasilkan oleh dosen  
Meningkatkan keikutsertaan dosen sebagai pemakalah dalam seminar nasional/ internasional yang diselenggarakan pihak eksternal atau interna Mendorong dan memfasilitasi dosen untuk ikut serta dalam seminar nasional atau internasional Meningkatkan jumlah keikutsertaan dosen sebagai pemakalah dalam seminar nasional/ internasional yang diselenggarakan pihak eksternal atau internal  
Meningkatkan kualitas jurnal Mewujudkan Jurnal Ilmu Hukum nasional terakreditasi. Penerbitan jurnal secara konsisten 1 tahun 2 kali. Jurnal terbit tepat waktu secara periodik  
Penyesuaian tata kelola manajemen dan tulisan jurnal dengan standard jurnal nasional terakreditasi LIPI. Jurnal Rechtsidee menjadi jurnal nasional terakreditasi.  
4 Kerjasama Mengembangkan kerjasama dengan alumni, industri, pemerintah, masyarakat dan antar perguruan tinggi Menjalin kerjasama dengan alumni, industri, pemerintah, masyarakat dan antar perguruan tinggi Kerjasama melalui MoU dalam pengembangan kelembagaan dan catur dharma perguruan tinggi meliputi pendidikan, penelitian, abdimas, dan AIK di tingkat daerah, nasional dan internasional. Adanya sumbangsih secara materiil maupun non materiil dari Alumni kepada Fakultas.  
          Telah terjalin kerjasama dengan industri, pemerintah daerah (kab/kota/prov), pemerintah pusat, lembaga sosial-kemasyarakatan serta antar perguruan tinggi di tingkat daerah, nasional dan internasional  
  1. RENSTRA BIDANG KEUANGAN DAN PENDANAAN.
No Rencana Strategis Tujuan Sasaran Bentuk kegiatan Indikator keberhasilan  
 
1 Menggali sumber-sumber dana diluar sumber dana utama Mendapatkan sumber dana non utama untuk mendukung sumber dana utama meningkatkan pemasukan dana dari luar universitas guna pengayaan kegiatan FH. Peningkatan dana dari hasil kerjasama dengan Institusi luar.

1. Meningkatnya sumber dana dari pihak ke-3 (dikti, pemerintah, perusahaan);

2. Meningkatnya kuantitas dan kualitas kegiatan ilmiah dengan skema pembiayaan bersama.

 
2

Mengembang

kan pengelolaan keuangan secara transparan dan akuntabel

Penggunaan dana yang akuntabel dan transparan

1. Tersusunnya anggaran dana FH

2. Standardisasi pengelolaan anggaran FH sesuai kebijakan Universitas.

Penyusunan dan penyesuaian postur RAPB FH dengan RAPB Universitas.

1. Telah memiliki rencana anggaran pendapatan belanja (RAPB) setiap periodik (tahun)

2. Pelaksanaan kegiatan dilakukan berdasarkan RAPB yang telah dibuat.

 
3 Meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan

Meningkat

kan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan

Tersedianya laporan keuangan dan LPJ sesuai dengan aturan universitas Fakultas menyusun laporan keuangan secara akuntabel dan transparan sesuai aturan UMSIDA Adanya LPJ fakultas sesuai dengan aturan UMSID