PHK di Masa Pandemi Covid-19 dalam Kacamata Hukum Ketenagakerjaan di Indonesia

Pada hari Kamis, 14  Mei 2020 dilaksanakan Diskusi Berkala Prodi Hukum yang ke  3  dengan tema PHK di Masa Pandemi Covid-19 dalam Kacamata Hukum Ketenagakerjaan di Indonesia” Narasumber pemateri diskusi ke 3 adalah Moch. Syamsudin, SH., M.Kn yang mana  merupakan praktisi dan dosen Program Studi Hukum FBHIS Umsida. Peserta yang hadir adalah perwakilan dosen dan mahasiswa dengan kuota terbatas yaitu 35 orang per sesi kegiatan.

Pada diskusi ke 3 terkait PHK dimasa pandemi dalam kacamata Hukum ketenagakerjaan di Indonesia disampaikan oleh pemateri bahwa secara umum covid 19 sendiri tidak bisa dikatakan sebagai Force Majeure, tetapi ketika pemerintah menyatakan wabah ini sebagai Bencana Nasional dan diikuti oleh peraturan pelaksana lainnya termasuk pemprov, pemkab/pemkot, yang melarang orang untuk melakukan aktifitas secara normal, maka hal ini berpotensi disebut sebagai Force Majeure.
Akan tetapi dengan adanya Kepres 12 th 2020 itu tidak serta merta covid 19 secara umum dikatakan sebagai keadaan memaksa, karen harus disesuaikan dengan jenis atau karakter dari suatu perjanjian yag dibuat diantara keduabelah pihak. berhak menyatakan dalam keadaan Force Majeure adalah Hakim, Pemerintah tidak bisa menyatakan force majeure tetapi hanya bisa menyatakan dalam keadaan bencana alam maupun nonalam. perusahaan tidak bisa menyatakan keadaan Force majeure dasar sebagai melakukan pemutusan hubungan kerja tanpa adanya putusan dari hakim.  Force Majeure ini berkaitan dengan tindakan wanprestasi, akan tetapi bila dalam keadaan force majeure maka tidak bisa disebut wanprestasi, lalu tindakan apa yang bisa dilakukan agar tidak melaksa

Download materi Diskusi Ke 3

Related Posts

HIMA Hukum UMSIDA Galang Dana Untuk Korban Bencana NTB dan NTT

HIMA MUKUM – Pada Minggu, 18 April 2021 himpunan mahasiswa...

Prodi Hukum UMSIDA Lolos Hibah MBKM 2021

Prodi Hukum FBHIS UMSIDA mengambil kesempatan untuk mengikuti Hibah Kerjasama...

Diskusi HAM HIMA Prodi Hukum UMSIDA

HIMA Hukum – Pada Minggu, 11 April 2021 HIMA Prodi...

Leave a Reply