Perkembangan Hukum Acara di Masa Pandemi

Pada Rabu 3 Febuari 2021 pukul 9.00 dilaksanakan Stadium General Prodi Hukum FBHIS UMSIDA dengan tema “Perkembangan Hukum Acara di Masa Pandemi”. Pelaksanaan stadium general ini merupakan agenda kegiatan prodi hukum di Tahun Akademik (TA) 2020/2021. Narasumber pada kesempatan kali ini adalah Isnurul Syamsul Arif S.H., M.Hum yang merupakan Wakil Ketua PN. Sidoarjo, Guruh Wicahyo Prabowo, SH.MH dari Kejari Sidoarjo (Kasubsi Ekonomi, Keuangan dan Pengamanan Pembangunan Strategis), dan yang terakhir adalah Abdul Fatah, SH.,MH yang merupakan seorang advokat/dosen di Prodi Hukum FBHIS UMSIDA. Peserta yang hadir adalah perwakilan dosen dan mahasiswa sejumlah 125 orang.

Pada kesempatan tersebut disampaikan materi oleh narasumber :

  1. Kejari Sidoarjo : Bahwa Kejaksaan adalah lembaga pemerinahan melaksanakaan negara dibidang penuntutan serta kewenangan lain berdasarkan UU. Jaksa adalah pejabat fungsional yang diberi wewenang oleh uu utuk bertindak menuntut umum sesuai uu. Alurnya perkara tindak pidana > penyidik > jaksa > hakim. Perlunya dilaksanakan persidanagn secara onlen prosesnya tetap harus dngan memperhatikaan hak hak tersangka terdakwa korban saksi maupun masyarakat luas. Jumlah perkra pidana 30 maret smp 6 juli 2020 176.912 persidangan secara online. Sidang online nya di rutan. Kendala praktek onlen sinyal atau jaringan, fasilitas kelengkapan atau perangkat elektronik yg harus ditambah, keterbatasan sdm dalam penguasaan teknologi. Manfaat sidang online dapat mencegah penyebaran covid, pelaksanaan hukum masih bisa di laksanakan, Sidang bisa berlangsung cepat dan biaya ringan.
  2. Pengadilan Negeri : Teknik penyelesaian perkara perdata persidangan secara online dibatas dalam tanya menjawab, upload berkas2, di aplikasi e court. Pemeriksaaan saksi masih di hadirkan di pengadilan. Kesimpulan secara online. Upaya hukum sudah diluncurkan di aplikasi ecourt. Penyampaian hukum secara online batasnya waktu lebih lama daripada secara langsung, secara langsung 14 hari kerja. Tidak semua yg didaftarkan perkara onlen di persidangan onlen juga. Persidangan secara onlen akan dikembangkan di segala aspek.
  3. Dosen : Hukum itu tidak dibuat tetapi tumbuh dan berkembang bersama masyarakat. Sidang online > penyidikan online > tahap dan pelimpaha perkara onlen > penyelidakan online. Kurikulum perguruan tinggi hampir seluruh prodi hukum perlu disesuaikan dengan kondisi masa kini dengan hukum acara. Adaptasi MA sudah cukup baik adaptasi saat ini di tingkatkan lagi dengan melihat masa kini.

Untuk lebih lengkap dapat dilihat di chanel youtube :

Klik disini

Download Materi :

Materi 1

Materi 2

Materi 3

Related Posts

Assistan Lab Prodi Hukum Adakan Desiminasi Skripsi, Berhasil Sinergiskan Alumni Kafah

hukum.umsida.ac.id – Dari adanya problematika ketenagakerjaan yang ada Indonesia dalam...

Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar Prodi Hukum Sukses di Gelar

hukum.umsida.ac.id – Himpunan Mahasiswa Program Studi Hukum Universitas Muhammadiyah Sidoarjo...

Prodi Hukum Selenggarakan Penguatan Hukum Acara Pidana

hukum.umsida.ac.id – Adanya program alumni mengabdi, program studi (prodi) Hukum...

Leave a Reply