Pelatihan Hukum Acara Mahkamah Konstitusi

Memahami hukum acara adalah hal yang penting bagi seorang praktisi hukum. Dimana apabila seorang praktisi hukum tidak memahami hukum acara akan terjadi kesesatan dalam melakukan sebuah bantuan hukum. Oleh karena itu Prodi Hukum, Fakultas Bisnis Hukum dan Ilmu Sosial, UMSIDA mengadakan sebuah kegiatan yang berjudul Pelatihan Hukum Acara Mahkamah Konstitusi yang diselenggarakan pada hari Minggu, 23 Juni 2019 di gedung D Kampus I UMSIDA. “ acara ini  bertujuan untuk meningkatkan soft-skill mahasiswa hukum UMSIDA” ungkap ibu Noor Fatimah M, S.H,. M.H. selaku KaProdi Hukum ketika sambutan pembukaan pada acara ini.
Dalam pelatihan ini dikhususkan kepada seluruh semester 6 Prodi Hukum. Namun meskipun begitu, dengan semangat belajarnya, ada beberapa mahasiswa dari semester 4 yang mengikuti kegiatan ini. Mereka tidak takut untuk bersaing dan bekerja sama dalam kegiatan tersebut. Hal ini menjadi warna yang baik. Dimana senioritas tidak menjadi halangan untuk terus belajar.

Tidak hanya itu, pada pelatihan ini juga di support oleh  AFP Law Firm. Yang dukungan itu diwujudkan dengan bantuan AFP Law Firm menjadi pemateri dan pembimbing dalam pelatihan tersebut. Hal ini sangat membantu bagi para peserta pelatihan, karena mereka dapar belajar langsung dari yang berpengalaman dibidang itu.
Kegiatan yang  dilaksanakan dari pagi hingga malam ini tidak menyurutkan semangat para peserta dalam terus belajar. Terbukti mereka sangat antusias disetiap sesi pelatihan yang dibagi menjadi 3 (tiga) sesi ini. Pada pagi hari setelah pembukaan, para peserta diberikan pemahama mengenai “ Mahkamah Konstitusi dan Negara Hukum” yang disampaikan oleh Bapak Rifqi Ridlo Phahlevy S.H., M.H. selanjunya disambung dengan materi dengan tema yang hampir sama “ Mahkamah Konstitusi dan Prinsip Konstitusi” dengan pemateri Tahega Al Fath Primananda S.h., M.h. dari AFP Law Firm. denggan berakhirnya materi yang kedua, maka berakhir sudah sesi pertama dalam pelatihan ini.
Suara gaduh semangat yang terus terdengar dari para peserta di gedung yang kosong saat libur tiba, masih terus berkobar melewati sesi kedua dengan pemberkasan dan sesi ketiga dengan praktikum sidang acara Mahkamah Konstitusi yang dipandu oleh AFP Law Firm. Hingga tak terasa waktu yang bisa dibilang sangat singkat bagi sebuah pelatihan berakhir sudah. ditandai dengan sesi foto bersama dan saling bersalaman.

Related Posts

Magang Prodi Hukum FBHIS UMSIDA 2023-2024

Alhamdulillah, Kegiatan magang mahasiswa Prodi Hukum TA 2023-2024 telah selesai...

Mahasiswa Hukum UMSIDA Ikut PMM-DN 2024

Alhamdulillah 2 Mahasiswa Prodi Hukum FBHIS UMSIDATelah lolos dalam Program...

Mahasiswa Kupu-Kupu Berprestasi! Gak Bahaya Ta?

Pada Rabu, 17 Januari 2024 Ass. lab Prodi Hukum menyelenggarakankegiatan...

Leave a Reply