LKMT I (Latihan Kepemimpinan Mahasiswa Tingkat I) di kalangan Fakultas Hukum merupakan agenda kegiatan yang wajib dilaksanakan setiap tahunnya. Karena kegiatan tersebut wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sidoarjo untuk menjadi salah satu pra-syarat kelulusan. Selain didukung penuh oleh jajaran pimpinan Fakultas Hukum, kegiatan ini dapat terlaksana juga dikarenakan atas hasil kerja keras para pengurus BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Fakultas Hukum.

LKMT I pada tahun 2018 ini, yang mana diketuai oleh salah satu mahasiswi Fakultas Hukum dari semester empat, yakni Yunia Eka Putri dengan mengangkat tema “Agent of Change” diadakan sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada, maka terdapat jarak waktu yang cukup lama antara kegiatan yang dilakukan di indoor dan outdoor. Namun, hal tersebut tidak mempengaruhi akan nilai dan essensi dari kegiatan ini yang mana bertujuan untuk membentuk karakter serta melatih jiwa kepemimpinan dari para mahasiswa Fakultas Hukum. Serangkaian dari kegiatan LKMT I tahun 2018 salah satunya adalah kegiatan indoor, yang diadakan pada hari Sabtu (17/3) di Aula Lantai 4 Kampus 2, Gedung Fakultas Hukum. Pesertanya adalah sebagian besar dari mahasiswa semester dua, dan ada pula beberapa dari semester empat yang baru mengikuti di tahun ini dikarenakan tidak dapat mengikuti di tahun lalu. Kegiatan indoor ini pun menyajikan sebuah materi yang sangat bermanfaat dengan didukung pula oleh para pemateri yang sangat berkompeten. Seperti Bapak Abdul Fatah, yang merupakan salah satu dosen di Fakultas Hukum menyampaikan materi akan wawasan kebangsaan, kemudian ada Bapak Nyong Etis, yang menjelaskan bagaimana kepemimpinan dalam perspektif  Islam, dan yang terakhir ada Mas Adzif Novebry, Presiden Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo yang membawa materi seputar pengetahuan tentang ke-BEM-an.

Tidak cukup hanya di teori. Sepekan setelahnya, lebih tepatnya pada hari Sabtu (24/3) kegiatan outdoor pun dilangsungkan di Bumi Perkemahan Dlundung, Trawas – Mojokerto. Kegiatan yang diadakan selama dua hari ini merupakan kegiatan puncak dari pelaksanaan LKMT I tahun 2018. Di dalam kegiatan outdoor ini, para peserta dituntut untuk mengimplementasikan semua materi yang telah diterima selama kegiatan indoor. Hal ini bertujuan untuk melatih jiwa kepemimpinan serta mengajak peserta untuk mampu menjadi pribadi yang disiplin dalam segala hal. Dengan diadakannya beberapa outbond yang mengandung beberapa aspek nilai, seperti wawasan, kekompakan, problem solving, serta kerjasama yang baik diantara peserta juga menjadi paket komplit dalam rangkaian kegiatan ini, karena selain disuguhkan pengalaman yang tak terlupakan juga terdapat unsur pembelajaran yang sangat bermanfaat guna pembentukan karakter serta dapat mencetak kader baru yang berintegritas demi majunya Fakultas Hukum kedepannya kelak. Salam Nil satis nisi optimum!