Kamis tanggal 14 September 2017, Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sidoarjo melakukan kerja sama dengan rumah bhineka ( komunitas lintas agama ) yang berada di wilayah sidoarjo dan Surabaya. Kerjasama tersebut berupa kegiatan bincang buku ( bedah buku ) yang berjudul “merajut damai dalam kebhinekaan” yang di dalam acara tersebut membahas tentang kebhinekaan yang ada di Indonesia dan juga membahas tentang perbedaan dan toleransi antara umat beraga maupun aliran pekercayaan.

Dalam acara tersebut di hadiri oleh berbagai elemen masyarakat yang ada di Sidoarjo yang mana terdiri dari mahasiswa lintas fakultas di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, masyarakat lintas agama. Acara bincang buku ini yang kemudian dihadiri oleh beberapa tokoh hebat seperti Bapak Dr Nyong ETIS yang merupakan ketua LKBH Umsida, dihadiri pula oleh Ibu Esthi Susanti Hudiono yang merupakan Kordinator Forum Inklusi Sosial dan Perdamaian Indonesia (FISPI), yang kemudian di moderatori oleh Bapak Dodi Dyauddin yang merupakan Ketua Lakpesdam PCNU Sidoarjo. Tidak lupa pula Bincang Buku ini dihadiri oleh sang penulis buku yaitu Bapak Ahmad Nurcholish yang selain sebagai penulis beliau juga aktiv dalam bidang Kebhinnekaan dan Perdamaian.

Dalam acara Bincang Buku yang berjudul “Merajut Damai dalam Kebhinnekaan” ini kemudian berdiskusi mengenai perdamaian yang harus tetap terjaga dalam NKRI ditengah semboyan Bhinneka Tunggal Ika kita. Berdiskusi pula mengenai penekanan terhadap pemikiran ekstrim dalam suatu agama untuk mencegah terbenturnya salah paham dan berujung pada peremehan antar agama. Kemudian dalam Bincang Buku ini diharapkan dapat memberi output yang baik di ruang masyarakat untuk menciptakan suasana damai dalam Kebhinnekaan.