Di dalam acara pada kali ini telah di ulas dengan jelas tentang prinsip-prinsip HAM pada umumnya, selain itu dalam acara ini juga telah membahas tentang pelanggaran HAM yang ada di Sidoarjo khususnya.karena jika kita melihat kebelakang ternyata Sidoarjo merupakan salah satu darrah yang pernah mengalami pelanggaran HAM yang cukup berat dan dapat di katakan cukup ramai di bincangkan oleh publik. Dimana diantara kasus-kasus tersebut antara lain yaitu kasus pembunuhan Marsinah, yaitu tentang perkara pembunuhan yang di lakukan terhadap salah satu buruh yang ada di sidoarjo. Kasus ini adalah salah satu kasus yang cukup besar pada waktu itu hingga pemerintahpun memutuskan untuk menetapkan hari penemuan jenazah (belum dapat di pastikan hari itu dia di bunuh) Marsinahpun menjadi hari Buruh Nasional sebagai penghormatan tentang meninggalnya marsinah.

Selain itu didalam acara tersebut juga membahas tentang bagaimana kondisi masyarakat kecil saat terjdinya pelanggaran HAM di sekitar mereka, karena pada dasarnya masyarakat enggan melakukan pelaporan terhadap pelanggaran HAM yang terjadi di sekitar mereka dengansalah satu alasanya adalah tidak mengerti hukum dan takut untuk melakukan pelaporan. Dari permasalahan ini, forum ini berupaya untuk menemukan solusi dan jalan keluar dari  persoalan yang terjadi yaitu dengan menggunakan pendekata edukasi terhadap masyarakat yang merasa tidak mengerti tentang hukum sehingga enggan melakukan pelaporan dalam berbagai kasus yang ada di sekitar mereka.

Bukan hanya itu saja, di dalam forum yang bertemakan “hak- hak kelompok rentan perempuan, Minoritas Agama Dan Etnis Dan Dan Inklusi Sosial Lainya.” Ini juga mengulas tentang persoalan-persoalan terkait pelanggaran HAM baik besar maupun kecil yang kerap tidak di sadari oleh masyarakat awam.